Minggu, 06 April 2008

KERANGKA BERFIKIR ILMIAH

Pada hari senin tgL 31 saya mengikuti kajian di HMJ. yg bawa materi Kanda Galang.

Sebelum memasuki apa itu kerangka, harus mendifinisi "Devinisi itu sendiri.
Devinisi adalah menjelaskan sesuatu dengan beberapa pendekatan shg sesuatu itu jelas.
Adapun syarat2 devinisi: Tidak bisa pakai kata "TIDAK, Tidak antonim, tidak sinonim, tidak panjang/luas.

Kerangka adalah sesuatu yg menyusun atau menopang yang lain, dapat berdiri dan merupakan gerak akal dari suatu titik yang lain, atau bisa juga gerak akal dari pengetahuan lama ke baru.

Berpikir adalah gerak akal dari tidak tahu menjadi tahu.
Diberpikir ini banyak perdebatan, dan materi paling panjang di materi kerangka. Kata Descrates dalam Bukunya Filsafat manusia "Aku Berpikir maka Aku Ada". Jadi ketika manusia tidak berpkir pastinya dia bukan manusia.

Apakah manusia berpikir ketika ada masalah............???
Tentunya tidak. Krn manusia setiap detik pastinya berpikir. Cuman kapasitas berpikirnya berbeda2.

Jadi ketika Menghayal, tidur, apakah manusia berpikir....................???

Untuk jawabannya banyak kajian...................!!!

Sekarang kita masuk ke "ilmiah.
Ilmiah adalah sesuatu hal/pernyataan yang bersifat keilmian, atau bisa orang menyebutnya benar.
Syarat Ilmiah:
Rasional
Analisis
Kritis
Universal
Sistematis
Untuk Lebih jelasnya banyak baca buku. Saya tidak bisa menjabarkan segala apa yang sudah saya dapat melalui kajian. Untuk cerdas harus banyak baca buku dan diskusi. Itu salah satu solusi yang di ajarkan pada kakak2 saya yang selama ini saya kenal. mereka yang membuat saya seperi ini, mereka yang memberikan kajian. mereka yang membuat motivasi agar kita punya inisiatif sendiri untuk melakukan segala hal yang positif.
Terima kasih Senior-Senior KUW......!!!

Tidak ada komentar: